oleh

KPU Tangsel punya Waktu 10 Hari Tindak Lanjuti Rekomendasi Bawaslu

Liputankota – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberi rekomendasi kepada KPU untuk melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di 3 tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Tangsel, Muhamad Acep, menjelaskan, surat rekomendasi PSU kepada KPU Tangsel telah dikirim melewati PPK yang dikirimkan oleh Panwascam. Maka, KPU punya watu 10 hari untuk melaksanakan rekomendasi tersebut.

“Jadi KPU punya waktu 10 hari untuk melaksanakan rekomendasi kami,” kata Acep, di kantor Bawaslu Tangsel, Serpong, kemarin.

Acep menerangkan, pada Pilkada 2020 itu pihaknya telah memberitahukan bahwa akan adanya PSU kepada KPU Tangsel.

“Tapi walau bagaimanapun KPU tetap menunggu surat rekomendasi dari kami,” ucapnya.

“Intinya dalam waktu 10 hari itu KPU harus melaksanakan itu, jika mereka besok siap ya silahkan saja, tapi jika lewat dari 10 hari itu yang dilarang,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu merekomendasikan agar dilakukan PSU di 3 TPS, yaitu TPS 15 di Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang, dan dua di Kecamatan Ciputat Timur yakni TPS 49 Cempaka Putih, dan TPS 30 Kelurahan Rengas.

“Diduga ada pelanggaran terhadap Undang-undang 10 Tahun 2016 Pasal 112 di ayat 2 poin a. Dan TPS 49 memang pelanggaran terhadap Pasal 112 ayat 2 huruf a dan juga ada pelanggaran terhadap huruf e nya,” terang Acep.(Def/Yan)

Komentar

News Feed