oleh

Jaga Kadar Kolesterol Agar Tetap Normal, Ini Caranya

Liputankota – Menjaga kadar kolesterol tetap normal akan menghindari risiko gangguan kesehatan, mulai jantung koroner, pembuluh darah hingga stroke.

Seperti dikutip dari laman Mayo Clinic, melansir Okezone.com, beberapa perubahan dalam diet bisa mengurangi risiko sakit akibat kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung, antara lain mengurangi lemak jenuh serta menghilangkan lemak trans dalam menu makanan.

Dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh bisa mengurangi kolesterol jahat. Lemak jenuh dapat ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh.

Untuk itu, ada baiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk kesehatan jantung lainnya, termasuk mengurangi tekanan darah. Makanan dengan asam lemak omega-3 termasuk salmon, makarel, biji kenari, dan biji rami.

Untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, Anda bisa meningkatkan asupan serat larut dengan memakan oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Sementara, pakar kesehatan merekomendasikan latihan, setidaknya 30 menit lima kali seminggu atau aktivitas aerobik selama 20 menit tiga kali seminggu.

Bagi Anda yang masih merokok, baiknya segeralah berhenti untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 mengungkapkan, sekira 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal. Kondisi tersebut diperburuk dengan prevalensi kolesterol HDL yang rendah, menurut BMC Public Healthy tahun 2019.

Imperial College London menyatakan Asia, termasuk Indonesia, merupakan wilayah dengan penderita kolesterol terburuk. Penelitian ini menggunakan analisis data dari 102,6 juta orang dewasa dari 200 negara berbeda sejak 1980 hingga 2018.

Kelebihan kadar kolesterol berperan dalam 3,9 juta kasus kematian di seluruh dunia yang setengahnya terjadi hanya di wilayah Asia.(Red)

Komentar

News Feed