oleh

Baduy Tak Tolak Vaksin Covid-19, Tapi…

Liputankota – Salah satu tetua adat Suku Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija menyampaikan, tidak menolak vaksinasi Covid-19 yang sedang dilakukan pemerintah.

Meski tidak menolak vaksinasi, masyarakat adat yang tinggal di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak itu berharap tidak ada paksaan.

“Menolak mah tidak, tapi jangan sampai ada paksaan. Bagi warga yang mau saja, nanti saya juga bantu mensosialisasikan kepada warga,” kata Saija kepada wartawan, Rabu, 27 Januari 2021.

Para tetua adat, kata Saija, akan menggelar rapat untuk membahas jika nantinya masyarakat diberikan vaksin. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan adat istiadat di Baduy.

“Kita akan bicara terlebih dahulu dengan tetua adat lainnya, soalnya ini sudah berhubungan dengan adat di sini,” terang Saija.

Meski kasus Covid-19 meningkat di Lebak, namun hingga saat ini tak ada warga Baduy yang terkonfirmasi positif. Tidak adanya kasus tak lepas dari upaya-upaya yang dilakukan Badui, salah satunya dengan melakukan berbagai ritual adat.

“Sejak pertama kali munculnya virus itu, kita langsung menggelar berbagai ritual adat, dan pencegahan lainnya seperti melakukan penutupan wisatawan. Sehingga, alhamdulillah hingga kini tidak ada warga Baduy yang terpapar virus itu,” tutur Saija.(Def)

Komentar

News Feed