oleh

Jaga Imunitas Tubuh dengan Makanan yang Mengandung Vitamin A

Liputankota – Menjaga imunitas tubuh sangat penting agar selalu dalam kondisi yang sehat, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang dianjurkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satu caranya dengan asupan vitamin A.

Dilansir dari detikFood, selain membantu dalam mencegah degenerasi makula terkait usia yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan, vitamin A juga dapat membantu berbagai aspek sistem reproduksi manusia seperti mencegah cacat lahir dan mengurangi risiko kemandulan untuk semua jenis kelamin. Vitamin A juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin A? Berikut daftar di antaranya:

1. Hati

Hati hewan adalah sumber tertinggi vitamin A di luar suplemen. Setiap 85 gram hati matang mengandung sebanyak 6600 mcg vitamin A atau lebih dari 700 persen kebutuhan harian Anda. Hati adalah sumber vitamin A yang sangat efektif untuk mendapatkan vitamin A.

2. Susu

Secara umum susu merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Banyak jenis susu yang sudah diperkaya dengan tambahan vitamin A. Umumnya vitamin A dalam satu porsi susu mengandung sekitar 100-300 mcg vitamin A.

3. Ubi

Makanan yang mengandung vitamin A lainnya adalah ubi. Ubi mengandung sekitar 1.400 mcg vitamin A di kulitnya. Itu lebih dari 150 persen dari kebutuhan harian Anda dalam satu porsi. Bagi orang-orang mengikuti pola makan nabati bisa mendapatkan vitamin A dari ubi.

4. Bayam

Bayam yang dikenal sebagai sayuran pembangkit nutrisi mengandung lebih dari 570 mcg vitamin A dalam setia porsinya. Baik dikonsumsi mentah atau dijadikan sayur, bayam menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan serat dan juga vitamin A.

5. Wortel

Wortel merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Setengah cangkir wortel mentah mengandung lebih dari 450 mcg vitamin A. Inilah salah satu alasan mengapa wortel sangat baik untuk kesehatan mata.

6. Labu kuning

Sepotong labu kuning mengandung 480 mcg vitamin A, yang lebih dari setengah kebutuhan harian Anda.

7. Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang mengandung vitamin A untuk daya tahan tubuh. Setengah cangkir brokoli mengandung 60 mcg yang merupakan 24 persen dari kebutuhan seseorang.

Satu porsi brokoli hanya mengandung 27 kalori dan merupakan sumber vitamin C dan K.

Vitamin K sangat penting untuk metabolisme tulang dan pembekuan darah, sedangkan vitamin C meningkatkan fungsi kekebalan dan memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.(Red)

Komentar

News Feed