oleh

Lewat Aplikasi Whatsapp, Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Tertipu 10 Juta

Liputankota-Penipuan online semakin marak belakangan ini. Dari penipuan lewat pesan singkat hingga penipuan lewat aplikasi Whatsapp marak terjadi.

Di Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, seorang ibu rumah tangga menjadi korban penipuan lewat aplikasi tersebut. Dengan dalih mengajak korban untuk bekerjasama dalam membeli lelang produk elektronik di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang, Medan, Sumatera Utara, Rabu 3 Februari 2021.

Ibu rumah tangga berinisial D (33) di Sukabumi ini mengira bahwa yang mengajak komunikasi di aplikasi whatsapp adalah kerabatnya yang berada di Medan.

Dalam komunikasi itu, korban diajak pelaku untuk bergabung membeli sejumlah produk elektronik di lelang yang digelar Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di Medan.

Setelah obrolan panjang lebar, akhirnya korban dibuat percaya bahwa pelaku merupakan kerabat yang dia kenal dan sedang mengikuti lelang.

“Entah kenapa aku tiba-tiba percaya bahwa kerabat ku itu yang WA ke nomor ku. Makanya ajakan untuk menambahi kekurangan duitnya itu, aku mau,” kata ibu rumah tangga tersebut ke Liputankota.com, Kamis 4 Februari 2021.

Dengan dalih itu, pelaku meminta korban untuk segera mentransfer uang senilai Rp10 juta ke rekening pelaku agar bisa memenangkan lelang produk elektronik yang sedang berjalan.

Namun setelah uang Rp10 juta itu di transfer ke rekening pelaku, nomor telepon yang sebelumnya aktif mengontak korban sudah tak bisa dihubungi.

“Pas udah kukirim duit itu, semua nomor yang menghubungi aku sebelumnya sudah tak bisa di kontak. Bingung aku jadinya,” keluhnya.

Untuk memastikan bahwa korban tidak tertipu, ia pun segera menghubungi kerabatnya yang ada di Medan. Dan ternyata kerabatnya itu tidak pernah sama sekali ikut lelang.

“Kuhubungilah kerabat yang di Medan itu, ternyata dia tak ngerti sama sekali tentang lelang ini,” ungkapnya.

Baca: Dikunjungi Kapolri, Jaksa Agung: Ini Tonggak Peningkatan Sinergitas

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang ada di Indonesia agar selalu berhati-hati dan teliti jika ada kontak dengan nomor tak dikenal.

“Ya udahlah ini ujian Tuhan buat ku. Pesanku buat masyarakat di Indonesia agar selalu berhati-hati jika dihubungi nomor tak dikenal, teliti dan jangan mudah terjebak. Jangan mengenalkan jati diri atau menyebut seseorang yang kita kenal,” tuturnya.(Tom/Vid)

Komentar

News Feed