oleh

Limbah Medis Tercecer di TPA Jatiwaringin Tangerang

Liputankota – Selain dipenuhi oleh sampah rumah tangga, kini pada masa pandemi Covid-19, tempat pembuangan sampah (TPA) juga diisi oleh limbah medis yang diduga bekas penanganan pasien Covid-19.

Hal itu salah satunya terlihat di TPA Jatiwaringin, Desa Jatiwaringin, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Pantuan di lokasi, limbah medis yang menumpuk berupa botol, jarum suntik, sarung tangan dan masker.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lokasi, limbah medis tersebut berserakan di TPA Jatiwaringin sudah beberapa bulan.

“Sudah hampir beberapa bulan ini, sampah seperti ini berserakan di TPA Jatiwaringin,” kata salah seorang pemulung yang minta namanya tak disebutkan kepada wartawan, di TPA Jatiwaringin, Selasa, 9 Januari 2021.

Dia menuturkan, sampah medis di TPA Jatiwaringin tersebut dibuang menggunakan truk besar saat tengah malam. Namun, dia tidak mengetahui siapa yang membuangnya.

“Setiap malam sampah seperti ini dibuang kesini. Saya melihat dump truk lah. Isinya ada jarum suntik, infusan, masker,” ungkapnya.

Senada disampaikan sopir gerobak motor berinisial KT. Menurutnya, selain menumpuk di TPA Jatiwaringin, limbah medis tersebut tercecer di Jalan masuk TPA.

“Sampah medis yang berserakan di jalan masuk, saya ambil dan buang ke TPA,” singkatnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Budi Khumaedi belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu.

“Maaf sedang rapat,” singkat Budi saat dihubungi melalui sambungan telepon.(Def/Ica)

Komentar

News Feed