oleh

Warga Teluknaga Keluhkan Bau Kotoran Sapi, Pegiat Lingkungan Bilang Begini

Liputankota-Warga Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang mengeluhkan bau tak sedap dari peternakan sapi TUM. Bau kotoran sapi tersebut sangat menyengat hidung, hingga ada lansia yang selalu mual dan pusing bila menghirup aroma tak sedap tersebut.

Nursari (37) mengatakan, sudah lebih dari 10 tahun perusahaan peternakan sapi itu berdiri, namun ia dan warga lainnya tak pernah mendapatkan perhatian atas bau tak sedap yang ditimbulkan.

“Jiah, boro-boro ada kompensasi mas. Udah taoan ora pernah ada perhatian sama sekali. Apalagi bantuan covid kayak sekarang gini,” ketus Nur ke wartawan, Kamis 11 Februari 2021.

Senada, lansia Misna (65) mengeluhkan hal serupa. Malah wanita paruh baya ini kerap mual dan pusing mencium aroma kotoran sapi tersebut.

“Saya mah suka mual dan pusing. Tapi ya mau ngomong apa lagi, saya diem bae dah,” ujar Misna sembari menghela nafas panjang.

Menurut Misna, dia dan warga lainnya minta agar perusahaan peternakan sapi itu meredam bau agar tak menyebar ke lingkungan sekitar. Selain itu mereka juga minta agar pemerintah setempat sigap dan responsive mengatur perusahaan yang dikeluhkan warga.

“Kami semua disini berharap bau dari kotoran sapi itu tak terhirup lagi, dan pemerintah bisa cepat dan sigap bila ada keluhan dari warganya,” paparnya.

Terpisah, aktifis mahasiswa dari UMT Alfi Budiary sangat menyesalkan aroma tak sedap yang keluar dari peternakan sapi itu bisa membuat penderitaan warga berkepanjangan.

“Bayangkan saja 12 tahun lamanya mencari keuntungan hasil dari pada ternak sapi. Tapi lingkungan sekitar terabaikan dan malah terkesan membuat penderitaan secara perlahan-lahan akibat mencium aroma bau setiap hari,” terang Alfi, Kamis 11 Februari 2021.

Alfi yang juga pegiat lingkungan di Kota Tangerang ini mengungkapkan bahwa hal itu jelas melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Untuk itu Dery berharap agar pemangku kebijakan daerah bisa mengambil langkah tegas.

Baca: Kejari Tangerang Didesak Usut Dugaan Penyimpangan PKH

“Ada aturannya, jika terbukti benar apa yang dikeluhkan warga kalau sumber bau nya dari aktivitas perusahaan peternakan sapi. Pemangku kebijakan daerah eloknya harus segera bertindak melakukan langkah-langkah yang konkrit untuk kepentingan umum,” tandasnya.(Tom/Jack)

Komentar

News Feed