oleh

PPKM Mikro, Kapolda Metro Jaya Ingatkan 3 Pilar Pentingnya Data Valid

Liputankota – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menekankan pentingnya membangun komunikasi lintas unsur dalam pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Imran juga menyampaikan pentingnya kegiatan langsung di lapangan tidak sekedar berbicara atau memaparkan data.

“Saat ini kita jangan hanya berbicara data kuantitatif, tapi tidak ada action di lapangan percuma,” kata Imran saat rakor PPKM Berbasis Mikro, di Aula Ahmad Yani, Kodam Jaya, Cawang, Jakarta Timur, Jum’at, 13 Februari 2021.

Rakor dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Kasdam Jaya Brigjen TNI M Saleh Mustofa, Danrem 051 Wijayakarta Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, dan Danrem 052 Wijayakrama Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono. Serta dihadiri seluruh Kapolres se-Jadetabek, Danramil, Kapolsek, Babinsa, Babinkamtibmas secara virtual di wilayah masing-masing.

Irman juga mengingatkan, pentingnya peran 3 pilar di tingkat kecamatan yakni kapolsek, danramil, dan camat. Sebab, 3 pilar di tingkat kecamatan itu dapat berperan sebagai pengumpul data dari desa/kelurahan sampai dengan tingkat RT/RW.

“Sedangkan 3 pilar di tingkat desa atau kelurahan harus mempunyai data yang valid dan akurat. Sebab dengan data akurat maka penanganan akan tepat,” terangnya.

Sedangkan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mengatakan, Satgas Covid-19 ditingkat RW dan RT harus dibantu dengan keberadaan personel TNI dan Polri yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dengan demikian, diharapkan akan ada kegiatan masif untuk mendorong masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Kehadiran TNI dan Polri untuk membantu kecepatan penanganan dan penanggulangan,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, rakor dilaksanakan sebagai upaya terlaksananya keterpaduan langkah dari level atas sampai pelaksana.

“Diharapkan dengan rakor yang dilaksanakan di Kodam Jaya, TNI dan Polri sampai pada level pelaksana dapat mengerti dan memahami akan tugas dan tanggung jawabnya saat bertugas di posko PPKM Berbasis Mikro. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat terwujud keterpaduan dan kesesuaian cara bertindak di semua level tingkatan,” jelasnya.(Def/Ica)

Komentar

News Feed