oleh

Kemenag Tangsel Setuju Vaksinasi saat Ramadan Dilakukan Malam Hari

Liputankota – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan (Kemenag Tangsel) Abdul Rozak setuju usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel vaksinasi Covid-19 saat bulan Ramadan dilakukan pada malam hari.

“Ya setuju, malam hari abis orang salat tarawih. Jadi jemaah yang abis salat tarawih langsug divaksin, lebih simpel malah,” ujar Rozak dihubugi wartawan, Selasa, 16 Februari 2021.

Rozak menjelaskan, vaksinasi Covid-19 tidak mungkin dilaksanakan pada siang hari pada bulan puasa dikarenakan penyuntikan masuk ke dalam urat yang akan membatalkan puasa.

“Kalau vaksin disuntiknya ke urat maka membatalkan puasa, karena dianggap ‘manfadz maftuh’ yang bisa membuat efek segar,” terangnya.

Saat ini, Rozak menerangkan, masih terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Tangsel dalam bagaimana pendistribusian vaksin di tengah bulan Ramadan.

“Nah nanti ini pas bulan Ramadan enggak tahu apakah masyarakat yang disuntik. Jika masyarakat maka jadwal harus benar, biar tidak terlalu malam juga,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tulus Muladiyono menerangkan, saat ini pemerintah sedang berkoordinasi dengan MUI dan Kemenag mengenai vaksinasi saat bulan Ramadan.

Tulus menjelaskan, ada kemungkinan vaksinasi dilaksanakan pada malam hari. Namun, baik MUI atau Kemenag belum mengetahui apakah akan dilaksanakan setelah salat tarawih atau tidak.

“Mungkin pelaksanaannya akan dilaksanakan malam hari, tapi kita masih menunggu keputusan dari kementerian bahwa pelaksanaan di bulan puasa ini seperti apa, apakah akan dilaksanakan malam atau siang hari,” katanya.(Def/Yan)

Komentar

News Feed