oleh

XL Axiata – Bank OCBC NISP Gelar Kompetisi Modal Pintar Sisternet, Tingkatkan Level UMKM Perempuan Indonesia

Liputankota  – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar “Kompetisi Modal Pintar” dalam rangka memperingati International Women’s Day. XL Axiata melalui program Sisternet, berkolaborasi dengan Bank OCBC NISP.

Kompetisi ini, bertujuan mendorong produktivitas dan meningkatkan level para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perempuan melalui pengelolaan usaha atau bisnis yang baik, termasuk dalam pengelolaan modal dan keuangannya.

Tidak kurang dari 250 peserta mengikuti kompetisi yang berlangsung secara bertahap sejak akhir Desember 2020 lalu ini, dan menyediakan total hadiah berupa modal sebesar Rp 100 juta.

“Kami bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dan Bank OCBC NISP memiliki komitmen yang sama dalam memajukan UMKM perempuan Indonesia untuk jadi lebih baik,” ungkap Tri Wahyuningsih Group Head Corporate Communications XL Axiata, Jum’at (12/03/2021).

“Melalui program kompetisi modal pintar Sisternet, kami berharap para peserta dapat meningkatkan level usaha/bisnis nya sehingga ekspansi usaha nya dapat lebih berkembang dan omzet pun semakin besar, dan sekaligus mendorong serta memotivasi ribuan pelaku UMKM perempuan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia,”  tambahnya.

Sementara itu Altona Widjaja, Business Incubation Lead Bank OCBC NISP mengungkapkan, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pengusaha perempuan terbesar di dunia. Data Bank Indonesia menunjukan lebih dari 60% dari total UMKM Indonesia dijalankan oleh pengusaha perempuan.

Data juga menunjukkan, UMKM yang dikelola perempuan memiliki kinerja keuangan yang lebih stabil, dengan Non Performing Loan yang lebih rendah dan disiplin keuangan yang lebih baik.

“Namun room of improvement nya pun juga besar, khususnya terkait pengelolaan keuangan, jaringan bisnis hingga pengetahuan untuk mengembangkan bisnis secara berkelanjutan,” paparnya.

Menurut Altona, Bank OCBC NISP ingin lebih berperan untuk berkontribusi di women economy (ekonomi perempuan) bekerjasama dengan komunitas Sisternet memberdayakan pengusaha perempuan agar dapat mengambil peran yang lebih besar pada sektor ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Ini selaras dengan komitmen kami untuk menjalankan responsible banking. Dengan solusi yang lebih dari sekadar dukungan finansial (beyond banking),” tandas dia.

Baca : Sisternet Gelar Kelas Webinar Share Care Inspire Class Secara Live

Diinformasikan dari 250 peserta yang mendaftar, panitia melakukan seleksi awal untuk memilih 25 peserta. Mereka yang lolos tahap ini tersebut kemudian mengikuti program inkubasi manajemen bisnis selama satu bulan.

Seleksi selanjutnya memilih 10 finalis dengan ide bisnis terbaik, yang akan mengikuti babak final di depan dewan juri. Para finalis merupakan pelaku UMKM dari beragam bidang usaha yang berasal dari Jakarta, Probolinggo, Bogor, Bekasi, Sidoarjo, Surabaya, dan Bali.

Dewan juri terdiri dari Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republlik Indonesia, Eni Widiyanti, Group Head Sales Medium Enterprise XL Axiata, R. Wicaksono, dan Business Incubation Lead Bank OCBC NISP, Altona Widjaja.

Nantinya para juara 1, 2, dan 3, berturut-turut  berhak mendapatkan modal usaha sebesar Rp 35 juta, Rp 30 juta, Rp 25 juta. Juara favorit social impact mendapatkan modal bisnis Rp 10 juta. Semua pemenang juga akan mendapatkan produk khusus dari XL Business Solutions berupa XL Go dan XL Biz Staterpack.

Adapun kriteria penilaian pemenang meliputi model bisnis, yaitu kematangan rancangan bisnis, ketepatan sasaran, serta seberapa realistis untuk dicapai. Selanjutnya ada juga aspek inovasi produk yang menyangkut keunikan produk atau jasa dan seberapa jauh bisa bersaing dan beradaptasi secara cepat terhadap pasar.

Aspek manajemen keuangan, meliputi tingkat pemahaman terhadap pengelolaan bisnis yang dapat tumbuh secara berkelanjutan, serta memiliki perencanaan dan pengelolaan keuangan.

Kemudian ada juga aspek strategi pemasaran, meliputi perencanaan marketing yang kreatif dan inovatif dari segi konten, juga penggunaan digital/teknologi secara online maupun offline. Terakhir, aspek dampak sosial, mencakup dampak bisnis pada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kompetisi Modal Pintar merupakan kelanjutan dari program Festival Webinar Pintar Sisternet yang berlangsung pada Desember 2020 lalu. Para peserta kompetisi tersebut juga pelaku UMKM yang bergabung dalam program Sisternet.

Saat ini, Sisternet memiliki lebih dari 30.000 anggota yang merupakan para pelaku UMKM perempuan. Melalui aplikasi Sisternet, mereka mendapatkan berbagai materi edukasi mengenai pengelolaan bisnis, termasuk dalam memanfaatkan sarana digital. Aplikasi Sisteret dapat di download melalui google play store dan apple app store. (red)

Komentar

News Feed