oleh

Pemkot Tangsel Tunjuk Alam Sutera Jadi Proyek Percontohan Vaksinasi

Liputankota – Alam Sutera mendukung kegiatan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk menjadikan Pasar 8, Pakulonan, Serpong Utara sebagai proyek percontohan pasar pertama yang mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Manajemen Pasar 8 Alam Sutera, Bangun Prasojo menjelaskan, pendaftaran dan pendataan vaksin Covid-19 telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, karena kuota yang masih terbatas, program vaksinasi dilakukan hanya kepada para pedagang yang terdaftar dan mendapat surat undangan.

“Pada hari H para pedagang hanya diminta untuk membawa surat undangan dan kartu identitas (KTP, red),” ujar Bangun dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis 18 Maret 2021.

Semenrara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, drg. Maya Mardiana menerangkan, program vaksinasi ini merupakan proyek percontohan vaksinasi bagi para pedagang pasar, mengingat total pedagang pasar yang ada di Tangsel masih ada sekitar 5.000 orang.

“Sosialisasi program telah dilakukan sebelumnya, sehingga pedagang pasar paham perlunya vaksin beserta protokolnya,” ujarnya.

Menurutnya, sekitar 700 pedagang di Pasar 8 Alam Dutera sudah divaksin dari jumlah total 1.300 pedagang.

“Kemudian 300 pedagang selanjutnya bersedia untuk mengikuti vaksinasi pada gelombang berikutnya,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Allin Hendalin Mahdaniar menjelaskan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum mendapat vaksin Covid-19.

Dijelaskannya, menurut Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di antaranya adalah untuk penyintas Covid-19 harus lewat masa 3 bulan dari sejak terkena.

“Sedangkan untuk penyakit-penyakit auto imun atau penyakit infeksi berat dan ibu hamil perlu ditunda dulu. Sebelum vaksin tentunya yang bersangkutan harus dalam keadaan sehat dan dianjurkan sarapan karena dapat berpengaruh pada detak jantung dan tekanan darah,” ungkapnya.

Allin berpesan, untuk seluruh masyarakat khususnya para pedagang mari lakukan vaksinasi.

“Karena vaksinasi ini adalah ikhtiar kita untuk menciptakan kekebalan kelompok,” imbuhnya.

Allin menjelaskan, dengan kekebalan kelompok tentunya virus tidak akan ada tempat untuk bisa menginfeksi dan akhirnya semua orang akan terlepas dari pandemi ini.

“Tidak usah khawatir karena vaksin ini halal dan aman. Jadi mari kita vaksinasi bersama demi menciptakan HERD Immunity di Tangerang Selatan khususnya,” tutupnya.(Def/Yan)

Komentar

News Feed