oleh

Kualitas dan Harga Pangan Program Sembako di Sepatan Tangerang Dikeluhkan

Liputankota – Keluarga penerima manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kini bernama Program Sembako di Desa Kayu Agung, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, mengeluhkan kualitas dan harga pangan yang tersedia di agen/e-Warong.

Prinsip 6T atau tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas, tepat kuantitas, tepat harga dan tepat administrasi pun diragukan.

Pantauan Liputankota.com, tidak sedikit bahan pangan yang disalurkan suplier ke agen yang berkualitas tidak baik dan harganya melebihi harga eceran tertinggi (HET).

“Ya contoh selain kualitas beras yang tidak sesuai pedum (Pedoman umum) yakni seharusnya premium ini malah beras yang masih di bawah standar medium, tetapi dalam daftar harga tercatat Rp11.000 per kilogram,” tutur Wn salah seorang KPM kepada Liputankota.com, Selasa, 30 Maret 2021.

Komoditi lain yang dirasanya juga cukup mahal adalah buah naga yang harganya Rp13.000 per kg. Padahal menurut Wn, harga buah naga dengan kualitas bagus hanya Rp10.000 per kg.

Di salah satu agen di Sepatan, diduga juga harga komoditi melebihi harga pasar. Sebut saja telur 15 butir seharga Rp25.000, padahal harga pasar per kg Rp21.000, ayam per kg Rp35.000 yang lebih mahal dibandingkan harga pasar Rp28.000, dan harga sayuran Rp5.000, sedangkan harga di pasar Rp4.000.

“Jika ditotal dengan hitungan harga komoditi dari nominal bantuan Rp200.000 dengan pembelanjaan komoditi yang sama seharusnya masih ada saldo Rp10,000,” ucapnya.

Sama halnya SR, KPM lain, yang mengaku, kualitas ayam yang diterima bulan ini kurang bagus dan beratnya pun tidak sampa 1 kg.

Dikonfirmasi TKSK Kecamatan Sepatan, Ilman mengatakan, komoditi yang diterima KPM sudah sesuai dengan pesanan.

“Dari pengamatan saya di lapangan saat penyaluran tadi komoditi itu sudah tepat dan sesuai dengan pesanan KPM. Tapi menyoal harga komoditi yang dianggap terlalu mahal dan tidak sebanding dengan harga pasar, saya rasa itu harga tidak terlalu mahal kok,” pungkas Ilman.(Rid/Def)

Komentar

News Feed