oleh

Bersama TNI-Polri, Pemuda Batak Bersatu Lakukan Pengamanan Gereja

Liputankota-Turut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan Paskah, segenap personel Pemuda Batak Bersatu (PBB) bersama polisi mengamankan gereja di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Hal itu dilakukan menyikapi kejadian bom bunuh diri di Gereja Katolik Makasar belum lama ini.

Ketua DPC Pemuda Batak Bersatu, Sahat Simangunsong mengatakan, dalam pengamanan itu, PBB disetiap pos pengamanan menempatkan 5 personelnya.

“Masing-masing gereja dikawal 5 personel PBB,” kata Sahat ke Liputankota.com, Jumat 2 April 2021.

Liputankota.com
PAC PBB Cibadak.(Liputankota.com/David)

Dikatakannya, pengamanan ini memprioritaskan gereja-gereja yang terbuka atau yang tidak memiliki pagar.

“Kita lakukan pengamanan ini hingga Jumat sore, 2 April 2021 dan nanti pada Minggu 4 April 2021,” jelasnya.

Senada, Ketua PAC Cibadak Polma Simamora menuturkan, untuk kawasan Cibadak, PBB mengamankan beberapa gereja diantaranya, Gereja Katolik, Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Pantekosta, Gereja Baptis, Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) GBI Pasundan serta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

“Dalam pengamanan ini, kita selalu berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri,” ujar Polma.

Menurut Polma, pengamanan ini dilakukan agar para jamaah gereja dapat beribadah dengan tenang dan khidmat. “Semua ini kita lakukan agar para jamaat gereja dapat beribadah dengan khidmat,” ucapnya.

Liputankota.com
PAC PBB Cicurug.(Liputankota.com/David)

Sementara, Ketua PAC Cicurug H Roys Manalu menjelaskan, pengamanan gereja ini dilakukan PBB dengan semangat persaudaraan dari hati yang paling dalam.

“Iyalah, kita lakukan ini dengan ikhlas tanpa mengharap apapun. Dan kami senang melakukannya,” papar Bang Manalu, begitu dirinya akrab disapa.

Kanit Binmas Polsek Cibadak, Iptu Ruhikmat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Pemuda Batak Bersatu dalam mengamankan wilayah hukumnya.

Baca: Perayaan Paskah, 140 Personel Jaga Ketat Gereja dan Pusat Keramaian di Lebak

“Saya berterima kasih kepada PBB yang mau menyingsingkan lengan bajunya membantu polisi dan menjaga kamtibmas,” tukasnya.(Tom/Vid)

Komentar

News Feed