oleh

Wali Kota Arief Sambut Positif Raperda Pemberdayaan UMKM

Liputankota – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dan telah menjadi sendi perekonomian Nasional. UMKM perlu terus ditingkatkan produktivitasnya.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menyambut positif satu usulan Raperda inisiatif dari DPRD Kota Tangerang tentang pemberdayaan dan perlindungan UMKM.

“Sejarah juga mencatat bahwa UMKM dapat bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi tahun 1997 lalu,” kata Arief dalam rapat paripurna DPRD agenda tanggapan Wali Kota Tangerang terhadap 1 Raperda Inisiatif DPRD Kota Tangerang, Selasa, 20 April 2021.

“UMKM terus eksis dan melakukan aktivitas usahanya, karena mengandalkan sumber daya lokal,” tambahnya.

Arief mengatakan, walaupun UMKM memiliki potensi yang cukup besar, hingga saat ini masih terdapat kendala yang dihadapi baik dari sisi internal maupun eksternal.

“Kapasitas produksi yang minim, lemahnya kompetensi kewirausahaan hingga teknologi pemasaran produk,” ungkap Arief.

Untuk itu, dengan Raperda pemberdayaan dan perlindungan UMKM dapat meningkatkan partisipasi masyarat untuk menjadikan UMKM sebagai usaha yang produktif, berdaya saing, tangguh dan mandiri sebagai basis ekonomi kerakyatan.

“Pembahasan harus dilakukan secara terinci terkait pemberdayaan, perlindungan, pendataan dan pembiayaan UMKM,” imbuhnya.(Red)

Komentar

News Feed