oleh

Warga di Tangsel Belum Terima Bansos Tunai, Data di Kemensos ‘Sudah Salur’

Liputan Kota – Sejumlah warga di Kampung Pondok Jengkol RT 005 RW 11, Kelurahan/Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku hingga kini belum menerima bansos tunai tahap 2, 3 dan 4 tahun 2021.

Salah seorang warga Hermansyah (35) mengaku, meski tak juga menerima bansos dampak Covid-19 tersebut, namun dalam data cekbansos.kemensos.go.id menyebutkan ‘sudah salur’ periode April 2021. Sayangnya, hingga saat ini Hermansyah tak mendapat kejelasan dari aparatur pemerintah di wilayahnya.

“Saya sudah coba tanya ke Pak RT, tapi beliau juga bingung dan tidak bisa memberikan kejelasan. Saya juga minta tolong ke teman-teman untuk konfirmasi ke kelurahan, pihak kelurahan juga enggak bisa ngasih penjelasan. Bukan masalah besaran, yang saya kuatirkan, mungkin hal ini bisa terjadi di wilayah yang lain,” kata Hermansyah kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Hermansyah menyebut, saat pemberian BST tahap pertama pada Januari 2021, dirinya mendapatkan undangan dan menerima.

Namun, Hermansyah mengatakan, pada tahap kedua sama sekali tidak ada undangan yang biasa dibagikan oleh RT, meski saat Hermansyah melakukan pengecekan melalui website tersebut, tertulis telah tersalurkan.

“BST pertama yang Januari 2021 saya dapat. Cuma yang BST kedua ini yang saya bingung. Apakah datanya seperti itu, tapi kan di data Kemensos, saya terdata telah disalurkan. Ini yang membingungkan buat masyarakat. Kekhawatiran saya, ini bisa saja terjadi di tempat lain. Makanya kalau untuk kebenaran, ini harus disuarakan, supaya enggak terjadi lagi,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Armah (74) wanita berstatus janda empat anak yang menyatakan bahwa dirinya telah menerima pembagian BST tahap pertama pembagian BST. Namun, kata Armah lagi, pada pembagian tahap kedua tidak menerima, namun digantikan oleh anaknya, meski berbeda Kartu Keluarga (KK).

“Tahap satu dapat. Tahap dua saya enggak dapat, anak saya yang dapat. Beda KK sama saya. Tapi tahap ketiga dapat. Enggak tahu saya, gimana bisa begitu. Saya mah kan ngikut aja. Kalai dipanggil datang, enggakndipanggil ya mau ngapain lagi. Cuma katanya mah, yang enggak dapat itu nanti disusulin,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua RT 05 RW 11, Nas menyebut, dari 12 warga yang diketahui tak mendapatkan BST tahap kedua, telah disalurkan secara susulan kepada empat orang. Sehingga, imbuh Nas, tersisa delapan orang yang belum mendapatkan BST.

“Dari 12 orang itu, yang empat udah dapat susulan. Emang saya juga bingung, tahap satu banyak data yang dapat, tahap kedua, ketiga dan keempat semakin berkurang. Itu nanti coba dikonfirmasi aja ke bagian Kesejahteraan Sosial (Kesos) di kelurahan,” pungkasnya.(Def/Yan)

Komentar

News Feed