oleh

Rayakan HUT ke-80 Mien R. Uno Terbitkan Dua Buku Baru

Liputankota  – Pada 23 Mei 2021 mendatang tokoh perempuan Indonesia Mien R. Uno genap berusia 80 tahun. Untuk merayakan momen istimewa ini penerbit Gramedia Pustaka Utama menerbitkan dua buku Mien R. Uno yaitu Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno dan Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno.

“Buku ini kami terbitkan sebagai penghargaan kepada Bu Mien yang telah sejak lama dengan semangat membagikan ilmu dan pengalamannya yang dimilikinya lewat buku,” ungkap Siti Gretiani, General Manager Gramedia Pustaka Utama, Kamis (19’5/2021).

Menurut Siti, dari suara-suara para sahabat, rekan, kerja, dan keluarga yang dihimpun di buku ini, semua memiliki kesamaan pendapat tentang sosok Bu Mien: sosok yang konsisten memberdayakan masyarakat lewat pendidikan seraya merawat keluarga dan persahabatan serta menyelaraskan nilai-nilai hidupnya dengan penampilannya yang terjaga.

Buku “Citra Cinta untuk Bu Mien: Mensyukuri Delapan Dekade Mien R. Uno” ini, merupakan hadiah istimewa untuk mensyukuri ulang tahun ke-80 Mien R. Uno. Di dalam buku ini, rekan, sahabat, mitra, dan keluarga terdekatnya menggali ingatan paling membekas demi menceritakan kembali momen-momen istimewa bersama Bu Mien—dari saat perkenalan pertama kali hingga hari ini.

Berbagai pengalaman istimewa yang diceritakan sekaligus mendeskripsikan secara jujur berbagai cuplikan karakter, kepribadian, kebiasaan, prinsip, dan nilai-nilai filosofis yang menjadi jati diri ikonik Bu Mien dalam menjalani kiprahnya sebagai wanita multiperan sedari dahulu hingga kini—baik dalam tataran pribadi, profesional, maupun keluarga.

Sementara, buku “Dari Kolonial ke Milenial: 80 Tahun Mien R. Uno” mengisahkan perjalanan hidup Mien selama 80 tahun mengarungi beragam zaman dengan tantangan dan persoalan yang berbeda pula—mulai dari zaman kolonial, masa kemerdekaan RI, hingga era milenial saat ini.

Baca : Kotret Gelar Aksi Kemanusiaan, Galang Donasi untuk Palestina

Dalam buku ini tergambar latar belakang keluarga Mien yang kental dengan nuansa pendidikan dan berperan penting menempanya menjadi perempuan tangguh. Tergambar pula bahwa segala prestasi yang diraihnya saat ini didapat melalui kerja keras. Jalan yang dilalui juga tak selamanya mulus dan lancar.

“Perjalanan hidup yang telah saya lalui selama 80 tahun ini merupakan anugerah Tuhan yang sangat besar. Sang Pencipta, Allah SWT, telah memberikan kepada kami kehidupan keluarga yang sehat dan sejahtera dan lingkungan yang baik. Ini semua merupakan nikmat kehidupan yang tiada tara,” ucap Mien.

“Buku ini adalah sebuah ungkapan syukur kepada Tuhan dan upaya untuk berbagi pengalaman dan inspirasi kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Di usia yang terus bertambah, kiprah Mien R. Uno tidak lekang ditelan zaman. Ia kini menjabat sebagai Komisaris Lembaga Pendidikan Duta Bangsa dan juga memimpin Mien R. Uno Foundation (MRUF). Meski usianya sudah 80 tahun, kegiatannya tidak pernah berhenti. Ia terus berpikir dan bergerak membuat berbagai inovasi, terobosan dan beragam aktivitas lain di dunia pendidikan dan etiket. (red)

Komentar

News Feed