oleh

Lomba TTG Tingkat Kabupaten Tangerang, Kecamatan Sukamulya Sabet Juara I

Liputankota-Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Tangerang yang digelar di Gedung Serba Gua (GSG) Tigaraksa ini menilai tiga kecamatan layak menjadi juara. Hal itu tercetus setelah dewan juri mengeluarkan tiga pemenang dihari kedua lomba teknologi kretif tersebut.

Juri perlombaan Jamaludin mengatakan, Kecamatan Sukamulya meraih peringkat pertama dengan hadiah uang tunai Rp18 juta lalu disusul Kecamatan Balaraja dengan hadiah uang tunai Rp13 juta dan Kecamatan Tigaraksa diperingkat ketiga dengan hadiah uang tunai Rp10 juta.

Lanjut Jamaludin, daftar alat dari pemenang itu diantaranya, Kecamatan Sukamulya dengan alat mesin penghasil BBM dan listrik dari sampah plastic. Kecamatan Balaraja dengan alat mesin tradisional pengolah sampah plastic menjadi paving block dan bahan bakar dengan minim polusi asap.

“Terakhir Kecamatan Tigaraksa dengan alat E-Voltor pembangkit listrik arus DC,” kata Jamaludin disiaran persnya, Kamis 26 Mei 2021.

“Alat kreatif bikinan warga ini, bank-bank sampah menjadi terorganisir. Kemudian didukung dari DLHK sekaligus publikasi sosialisasi kepada masyarakat dari tingkat RT hingga kecamatan tentang Perbup serta dukungan dari CSR,” tambahnya.

Ketua Seksi Pemberdayaan Usaha Ekonomi dan TTG Udin menuturkan, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD), Pemerintah Kabupaten Tangerang mengajak masyarakat untuk mengembangkan inovasi mereka terutama dalam hal persampahan yang menjadi isu penting di Kabupaten Tangerang.

Baca: Pemkab Tangerang Sosialisasi Budidaya Maggot

“Karena masalah sampah merupakan persoalan yang sangat penting di Kabupaten Tangerang sebagai dampak urbanisasi, maka bagaimana cara kita agar membuat sampah tersebut menjadi energi terbarukan dan mengembangkan inovasi-inovasi masyarakat,” jelas Udin.

Walaupun sempat tertunda pelaksanaanya pada tahun 2020, namun perlombaan TTG yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG), Tigaraksa tahun ini berjalan sukses dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(Lin/Ica)

Komentar

News Feed