oleh

PKB Kabupaten Tangerang Soroti LHP BPK hingga Dana Covid

Liputan Kota – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Tangerang meminta penjelasan terkait Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten dan SILPA 2020.

Selain itu, PKB juga menyoroti penggunaan dan pelaksanaan dana Covid-19 Tahun Anggaran (TA) 2020.

Hal itu terungkap saat rapat paripurna DPRD Kabupaten Tangerang tentang pemandangan umum atas penjelasan bupati terhadap Raperda Pertanggung Jawaban pelaksanaan APBD tahun 2020, Senin, 14 Juni 2022.

“Ada beberapa hal yang kami sampaikan dalam pmandangan umum Fraksi PKB. Yakni Soal LHP BPK 2020, SILPA 2020 dan penggunaan dana Covid-19. Kepada pemerintah untuk menekan SILPA setiap tahun, karena dengan adanya SILPA yang sangat besar pembangunan jadi terhambat,” kata Usman Abdul Ghani.

Selain itu, lanjut Usman, Fraksi PKB juga mengapresiasi Pemkab Tangerang pada masa pandemi Covid-19. Pemkab Tangerang masih mampu menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal diawal pandemi Covid-19 lalu, PAD Kabupaten Tangerang sempat mengalami penurunan secara drastis.

“Kami dari Fraksi PKB juga meminta penjelasan Bupati atas penggunaan dana Covid-19, karena DPRD tidak masuk dalam pengawasan pelaksanaan Covid-19,” ujarnya.

Diketahui, dalam LKPJ Bupati Tangerang Tahun Anggaran 2020, terdapat SILPA sebesar Rp 533,49 miliar. SILPA ini meliputi penghematan anggaran yang dilakukan SKPD dan juga ada alokasi anggaran yang tidak direalisasikan oleh SKPD.(Def/Ica)

Komentar

News Feed