oleh

Vitamin D Dipercaya Tingkatkan Imunitas, Simak 3 Makanan Ini

Liputan Kota – Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan imunitas, terutama di tengah masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Salah satunya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas.

Melansir Okezone.com, Sabtu, 19 Juni 2021, ahli hematologi, onkologi, dan ahli gizi Yale Medicine Barry Boyd mengatakan, vitamin D punya keunggulan memperkuat otot, melawan peradangan, mencegah diabetes. Vitamin D juga dianggap baik untuk melawan infeksi virus seperti influenza maupun coronavirus.

Merujuk dari BMJ 2017 yang membandingkan suplemen vitamin D dengan plasebo, vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan akut, dengan pemberian suplemen vitamin D harian atau mingguan, terutama pada individu yang kekurangan vitamin D.

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari beberapa sumber lainnya. Simak daftarnya seperti dirangkum dari Healthline.

Ikan salmon

Di urutan pertama adalah ikan salmon. Salmon adalah ikan berlemak yang populer dan sumber vitamin D yang bagus.

Menurut Database Komposisi Makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu porsi atau 100 gram salmon Atlantik yang dibudidayakan, mengandung 526 IU vitamin D, atau 66 persen dari kebutuhan harian. Rata-rata, salmon juga mengandung 988 IU vitamin D per porsi atau 100 gram, yang berarti 124 persen dari kebutuhan harian.

Ikan sarden

Pubta harga yang lebih terjangkau dari salmon, sarden disebut salah satu sumber vitamin D terbaik. Bayangkan saja, ikan herring Atlantik segar menyediakan 216 IU per porsi atau 100 gram, yang merupakan 27 persen dari kebutuhan harian.

Jenis ikan berlemak lainnya juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Seperti ikan halibut dan mackerel yang masing-masing menyediakan 384 IU dan 360 IU per setengah fillet.

Kuning telur

Terakhir adalah kuning telur. Ini bisa menjadi opsi bagi vegetarian maupun bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan laut. Satu kuning telur, mengandung 37 IU vitamin D, atau 5 persen dari kebutuhan harian. Namun, kadar vitamin D dalam kuning telur tergantung pada paparan sinar matahari dan kandungan vitamin D pada pakan ayam.

Telur dari ayam yang diberi pakan yang diperkaya vitamin D mungkin memiliki hingga 6.000 IU vitamin D per kuning telur. Ini merupakan 7 kali lipat kebutuhan harian.(Def)

Komentar

News Feed