oleh

Bupati Zaki Jabat Wakil Ketua Umum APKASI

Liputankota-Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar resmi menjabat Wakil Ketua Umum APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) masa bhakti 2021-2026, Prosesi pengukuhan tersebut digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Sabtu (19/6/21).

Pengukuhan pengurus APKASI tersebut langsung dikukuhkan oleh Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Mendagri M. Tito Karnavian hadir langsung menyaksikan pengukuhan tersebut di Badung Bali dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Susunan Pengurus APKASI yang baru saja dikukuhkan diketuai oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ia menyebutkan, kepengurusan periode ini diisi 114 bupati. Di antaranya Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar sebagai Wakil Ketua Umum, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebagai Sekretaris Jenderal, dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah sebagai Bendahara Umum.

Ia mengatakan, dalam Munas ke-V Maret 2021 lalu, juga telah ditetapkan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi, diantaranya tentang penanganan covid-19. Ia mengatakan, kenapa pelantikan dan pengukuhan ini dilakukan di Bali, karena sesuai dengan arahan dari Mendagri agar perekonomian di Bali bisa ikut terdorong untuk bangkit.

“Arahan Pak Mendagri dilakukan di Bali untuk bersama-sama bergotong royong dalam penguatan ekonomi di Bali, tetapi tentunya dengan penerapan Protokol Kesehatan yang sangat ketat sekali,” Ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Mendagri M. Tito Karnavian, menurutnya APKASI adalah lembaga yang sangat power full karena jumlahnya yang lebih dari 400 Daerah Kabupaten, dibanding dengan APEKSI yang jumlahnya jauh lebih sedikit, tapi APKASI jumlah anggotanya yang luar biasa.

“Oleh karena itu perlu dimanfaatkan dengan kehadiran APKASI sebagai lembaga Daerah yang powerfull di Indonesia. Saya juga apresiasi atas pemilihan tempat pengukuhan dan Raker di Bali ini, karena bisa mendongkrak perekonomian di Bali khususnya Badung,” Katanya.

Dalam kesempatan tersebut Mendagri mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus dan anggota APKASI yang baru dikukuhkan, manfaatkanlah organisasi ini dengan baik sebagai jembatan penghubung antara pusat dan daerah.

Sementara itu Bupati Zaki berharap kepengurusan APKASI yang baru ini nantinya bisa membawa rekomendasi yang benar benar berpihak pada pemerintah kabupaten seluruh Indonesia, dan bisa menjadi media penghubung antara pusat dan daerah.

Baca: Niat Beli Tomat, Pria di Tangerang Malah Curi Handphone di Toko Pakaian, Aksinya Ketahuan Gegara Ini

“Semoga ke depan APKASI terus bisa menjadi jembatan pemerintah pusat dan daerah, dan juga penyampai aspirasi daerah kepada perintah pusat,” Ujar Bupati.

Dalam kesepatan tersebut Bupati Tangerang didaulat menjadi moderator dalam Rapat Kerja Nasional XIII APKASI dengan narasumber Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, dan narasumber lainnya.(Lin/Ica)

Komentar

News Feed