oleh

Ombudsman Dorong Pemprov Banten Perpanjang Masa Pendaftaran PPDB Online

Liputan Kota – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk memperpanjang masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

Hal itu setelah Ombudsman melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap jalannya PPDB di tingkat SD, SMP dan SMA.

Kepala Ombudsman Perwakilan Banten Dedy Irsan mengatakan, hingga Kamis, 24 Juni 2021, pihaknya dari hasil pemantauan dan pengawasan mendapat sejumlah temuan.

“Sampai pukul 15.45 WIB (Kamis, 24 Juni 2021), sistem PPDB online dapat diakses tetapi belum dimanfaatkan oleh pendaftar,” kata Dedy dalam keterangan tertulis.

Ombudsman menilai, PPDB sebagai penyelenggaraan pelayanan penting bagi masyarakat. Sehingga perlu dilaksanakan dengan cermat, profesional dan akuntabel.

“Ombudsman mendorong agar Pemprov Banten memperpanjang masa pendaftaran online dan memastikan sistem berjalan dengan baik,” katanya.

Ombudsman lanjut Dedy, juga minta gubernur Banten dan Dinas Pendidikan (Dindik) agar mengambil kebijakan yang diperlukan secara cepat dan tepat agar permasalahan PPDB tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi masyarakat, lalu evaluasi menyeluruh terhadap instansi yang berwenang, penanggung jawab PPDB tahun ini, serta pihak ketiga yang terlibat.

“Membentuk tim yang dapat secara aktif berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya untuk menangani dan menyelesaikan laporan/pengaduan maupun konsultasi masyarakat,” urai Dedy.(Def)

Komentar

News Feed