oleh

Diburu Warga, Obat Terapi Covid-19 Langka di Tangsel

Liputan Kota – Seiring meningkatnya jumlah kasus Covid-19
di Indonesia, sejumlah obat yang disebut untuk terapi Covid-19 mengalami kelangkaan.

Di beberapa apotek di Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, obat-obatan seperti Ivermectin, Oseltamivir, Azithromycin, Tocilizumab sudah hampir satu bulan kosong.

Staf Apotek Kawi Jaya Pamulang, Wakijo menerangkan, saat ini distributor pemilik obat terapi Covid-19 layaknya Ivermectin, Oseltamivir, Azithromycin, Tocilizumab telah kosong kurang lebih 3 atau 4 minggu yang lalu.

“Jadi kalau untuk terapi yang Covid ini kita kosong lah, paling Fapifilir doang kita punya, yang lain kita kosong. Ada beberapa yang punya stoknya, cuman harganya kita enggak masuk dengan harga eceran tertinggi (HET) (Kementerian Kesehatan) yang ditempel itu,” kata staf apotek Kawi Jaya, Pamulang, Wakijo, Kamis, 8 Juli 2021.

Baca Juga: Buka Rekrutmen Tenaga Kesehatan, Pemkab
Tangerang Ajak Mahasiswa dan Alumni Kedokteran

Menurut Wakijo, sulitnya masyarakat mendapat obat-obatan tersebut dikarenakan apotek tak mau menjual karena harganya yang melambung tinggi.

“Kalau distributor kita APL (Anugrah Pramindo Lestari). Kemarin itu Azithromycin dari Pfizer punya, emang sebelumnya dari dulu emang mahal,” ungkapnya.

Menurutnya, satu tablet yang biasanya dijual Rp80ribu, sedangkan dari HET Kementerian Kesehatan Rp1700 per tablet.

“Untuk sementara dia (PT. Pfizer Indonesia-red) kayaknya ada stoknya. Cuma gara-gara selebaran dia juga enggak bisa suplai dulu,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Apotek Prima Sehat Ciputat Hendri menyatakan, sejak awal kasus lonjakan pertama beberapa bulan lalu, stok obat terapi Covid-19 telah kosong.

Baca Juga: Ada Opsi Vaksin Booster, Begini Kata Bio Farma

Bahkan, informasi yang didapat Hendri, masyarakat diarahkan untuk langsung ke Apotek Kimia Farma untuk kebutuhan obat-obatan tersebut.

“Kosong, sejak awal pertama kasus covid-19 naik sudah tidak ada. Saya dengar semua diarahin ke Kimia Farma, saya lihat di sosial media, di Kimia Farma ada stoknyaasalkan bawa resep. Azithromycin kita jual satu tabletnya Rp90ribu, dan itu sudah dua minggu lalu habis. Invermex 12 kita juga Rp85ribu itu paten, generiknya kita enggak dapat. Saya sudah sempat ke PBF, tapi tidak ada barang,” ungkap Hendri.(Def/Yan)

Komentar

News Feed