oleh

Dosen Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta Melakukan Pengabdian ke Masyarakat, Ajarkan Keutamaan Hukum Islam

Liputankota-Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta bekerja sama dengan Sekolah Menengah Pertama Pangeran Jayakarta Kota Bekasi, melaksanakan kegiatan keagamaan.

Yaitu Pesantren Kilat demi memperkuat keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi SMP Pangeran Jayakarta. Pesantren kilat menjadi lebih berkualitas dan mendalam karena materi pesantren kilat dibuka oleh para dosen pengampu mata kuliah Hukum Islam dari Fakultas Hukum Kampus UPN Veteran Jakarta.

Menjadi hal yang menarik ketika kerja sama antar dua lembaga pendidikan melaksanakan kegiatan berdasarkan kebutuhan kehidupan sehari-hari. Tidak sedikit kerja sama antar lembaga pendidikan terjalin dan terlaksana karena terdapat hubungan timbal balik antara kedua belah pihak, baik timbal balik itu hasilnya bersifat materiil maupun immateriil.

Contohnya saja lembaga pendidikan seperti Universitas itu kerap kali dilakukan kepada Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Karena kedua lembaga pendidikan ini memiliki timbal balik yang cukup kongkrit dan menghasilkan.

Berbeda seperti pada umumnya, kerjasama Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta justru bekerja sama dengan Sekolah Menengah Pertama Pangeran Jayakarta untuk meningkatkan kualitas siswa-siswinya.

Hal ini tentu saja didasari dengan kebutuhan, namun kebutuhan tersebut lebih kepada substansi dan ilmu pengetahuan yang ingin dibagikan dan disebarkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Pada dasarnya prinsip inilah sebagai substansi dari salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu bahwa civitas akademika yang ada di Perguruan Tinggi itu wajib melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penting sekali apabila siswa-siswi SMP Pangeran Jayakarta mengetahui betul apa itu makna Ramadhan yang sebenarnya, bukan hanya menahan hawa nafsu untuk tidak makan dan tidak minum, tapi materi yang lebih dalam, komplit serta komprehensif perlu pula tersampaikan kepada siswa-siswi SMP Pangeran Jayakarta.

Hal ini tentu saja hal yang perlu dilaksanakan, karena selain siswa-siswi mendapatkan warna baru dalam penyampaian materi, siswa-siswi SMP juga bisa mempelajari cara belajar seperti layaknya seorang mahasiswa, yang lebih banyak diajak berdiskusi ketimbang penyampaian materi yang selalu satu arah.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh para dosen Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta di SMP Pangeran Jayakarta terdiri dari 3 orang, yaitu Muhammad Helmi Fahrozi SHI., SH., MH. Sebagai ketua dan inisiator kerja sama, yang kedua yaitu Suprima S.Pd.I M.Pd.I sebagai anggota, dan yang ketiga Surahmad SH., MH. yang juga sebagai anggota.

Kegiatan pesantren kilat ini dilakukan secara online, meskipun melalui jarak jauh menggunakan aplikasi zoom namun para peserta baik bapak dan ibu guru maupun siswa-siswi SMP Pangeran Jayakarta cukup antusias dalam menerima materi hingga menyampaikan pertanyaan pertanyaan saat sesi tanya jawab berlangsung.

Kegiatan pesantren kilat ini adalah kesempatan pertama kalinya Kampus UPN Veteran Jakarta dapat bekerjasama dengan SMP Pangeran Jayakarta.

Perwakilan Dosen UPN Veteran Jakarta yang diketuai oleh Muhammad Helmi Fahrozi berharap bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pembuka antara kedua belah pihak lembaga pendidikan dapat saling mengisi dan berkontribusi satu sama lain.

Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta tentu saja dapat memfasilitasi kebutuhan apapun apabila terdapat kendala atau problematik permasalahan hukum yang terjadi di SMP Pangeran Jayakarta.

**Baca: Upaya Keberatan Pegawai KPK Ditolak Pimpinan, Langkah Selanjutnya ke Peradilan Tata Usaha Negara

“Semoga kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Suci Ramadhan Tahun menjadi berkah antar kedua institusi Pendidikan dan membuka peluang kerja sama yang lebih panjang agar jalinan silaturahmi bisa tetap terjaga selalu,” harap Muhammad Helmi Fahrozi.(Lin/Yan)

Komentar

News Feed