oleh

Sering Ditagih Hutang dan Cemburu, Buruh Serabutan di Lebak Tega Bunuh Teman Sendiri

Liputan Kota – Kesal lantaran sering ditagih hutang, seorang pria berinisial S (51) alias J tega menghabisi nyawa temannya sendiri, Jamingaan (66), di semak-semak, wilayah Sajira, Kabupaten Lebak.

S menikam Jamingan menggunakan pisau belati yang dibawanya saat keduanya hendak mengunjungi rumah seorang perempuan.

“Korban dan tersangka ini hampir setiap hari bersama-sama, sering keluar rumah, main sama-sama mencari jodoh, karena keduanya ini duda. Tersangka membujuk korban bahwa di situ (Sajira) ada perempuan yang mau ia kenalkan,” kata Kasat Reskrim Polres Lebak AKP Indik Rusmono kepada wartawan, Selasa, 13 Juli 2021.

Lelaki kelahiran Bandung yang pernah tinggal di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan itu memiliki hutang Rp2,5 juta ke Jamingan. Uang sebesar Rp5,5 juta yang ada di bawah jok motor Jamingan diambil S.

“Masalah uang, tersangka sudah merencanakan. Tersangka mengetahui kalau korban sering bawa uang besar saat keluar. Korban ini petani dan punya warung sementara pelaku adalah buruh serabutan” ucap Indik.

Selain masalah hutang, S juga terdorong membunuh teman satu desanya itu karena cemburu lantaran Jamingan menyukai kekasihnya.

Indik menuturkan, S ditangkap di sebuah gubuk di wilayah Leuwidamar, Lebak. Polisi terpaksa memberikan tindakan tegas karena S berusaha melawan.

“Ancaman yang kami terapkan yaitu Pasal 340 KUHP dengan ancaman 20 tahun penjara atau Pasal 338 dengan ancamannya 15 sampai 20 tahun penjara, kemudian Pasal 365 ayat 4 dengan ancaman hukuman mati atau seumur hidup,” kata Indik.(Def)

Komentar

News Feed