oleh

Warga Sebut Pekerjaan Saluran Air di Cibodas Tangerang seperti Proyek Siluman

Liputan Kota – Pengerjaan saluran air atau u-ditch di Jalan Kerta Jaya I, Keluruhan Uwung Jaya, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten, disorot.

Pasalnya, proyek yang dibiayai oleh anggaran pemerintah dilakukan tanpa papan informasi pekerjaan dan terkesan asal jadi.

“Saya heran kenapa hak informasi publiknya disembunyikan. Padahal kan itu pakai dana APBD,” kata Tri Syahrizal salah seorang warga kepada awak media, Selasa, 3 Agustus 2021.

Menurut Tri, tanpa dipasangnya papan informasi, pengawasan terhadap pekerjaan yang didanai APBD menjadi sulit dilakukan dan rawan terjadi penyimpangan.

“Saya lihat pekerjanya pakai rompi Dinas PUPR Kota Tangerang, ada juga petugas seperti pengawas seragam pegawai negeri. Tapi kok kaya lebih mirip proyek siluman yang jadi bahan bancakan,” tegasnya.

Tri melanjutkan, meskipun berniat baik untuk merealisasikan aspirasi masyarakat. Akan tetapi kewajiban pun jangan diabaikan dengan memberikan informasi publik berupa papan informasi.

“Dari mana anggaran itu berasal? Berapa jumlahnya? Spesifikasi hingga volume panjangnya? Kita kan perlu tahu,” sebut Tri.

Sementara itu, pengawas proyek Dinas PUPR Kota Tangerang Angga Andika menjelaskan, pekerjaan itu hanya proyek yang masuk dalam kategori kegiatan pemeliharaan.

“Cuma kegiatan pemeliharaan saluran air pemasangan U-Ditch. Kira-kira panjangnya 40 meter dan lebar 50 cm,” ujar Andika.

Disinggung tidak adanya papan informasi, menurutnya hal itu tidak masalah lantaran kegiatan yang hanya pemeliharaan. Namun Andika mengaku, tidak tahu berapa biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut.

“Enggal jadi masalah enggak ada (Papan informasi) karena kan sudah ditetapin cuma pemeliharaan. Kalau anggarannya saya enggak tahu itu, kalau mau nanya-nanya ke kantor aja,” tandasnya.(Def/Jak)

Komentar

News Feed