oleh

Semangat Pasien Kanker, Jauh-jauh Datang ke Tangerang untuk Vaksinasi Demi Lawan Covid-19

Liputankota – Ratusan penderita kanker sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi khusus pasien kanker dan komorbit di Ballroom The Spring Club Summarecon Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu, 8 Agustus 2021.

Salah satunya Rosidiyan Adinda Pertiwi Puspa Yuliana (43), penderita kanker payudara yang sudah dioperasi dan rekonstruksi.

Wanita yang akrab disapa Rosidiyan ini datang jauh-jauh dari Kalibata, Jakarta Selatan memang sangat niat untuk divaksin Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi ini telah lama dinanti-nantikan olehnya selama setahun terakhir ini.

“Karena orang-orang seperti kita perlu perlindungan yang lebih, dengan adanya vaksin untuk penderita kanker ini, kita menerima dengan baik dan senang hati, akhirnya kita bisa divaksin, karena kita mau sehat supaya Indonesia bisa kembali normal tanpa Covid lagi, ayo vaksin,” katanya kepada wartawan.

Dirinya mengaku rela divaksin Covid-19 untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan tubuh. Menurutnya, vaksinasi bisa mengurangi dirinya dari penularan Covid-19 yang sedang mewabah.

“(Takut-red) enggak, karena kita sudah menunggu waktu ini (vaksin-red) dari tahun kemarin untuk penderita kanker kapan bisa divaksin. Tahun kemarin kan hanya orang-orang tertentu saja kan, sekaranvg untuk penderita kanker sudah bisa divaksin, jadi kita merasa lebih aman gitu kalau sudah divaksin,” ungkapnya.

Peserta lainnya, Chandra Dewi (45) penderita kanker servik mengaku sangat bersyukur karena saat ini pemilik penderita kanker sepertinya sudah bisa mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Karena kan tau sendiri ya, mempunyai penyakit bawaan dan yang tidak itu bagaimana (tidak bisa vaksin-red). Di keluarga kami banyak yang mempunyai penyakit bawaan,” terangnya yang berasal dari Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur.

Menurutnya, sebelum disuntik vaksin, dirinya terlebih dahulu melakukan persiapan tidak tidur larut malam, dan tidak lupa sarapan sebelum makan.

“Sebelum vaksin itu harus istirahat total, dan bener bener fresh, baru boleh vaksin setelah sudah sarapan baru deh. (Kalau ada keluhan-red) saya ada nomor WA dokternya, karena yang di undang itu dapatnya dari WA,” tutupnya.

Perlu diketahui, vaksinasi untuk pasien kanker ini diprakasai oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 05/10 Tigaraksa yang dihadiri oleh Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji. Dalam giat ini ada 700 dari 1300 peserta memiliki penyakit kanker dan komorbid lainnya.(Def/Yan)

Komentar

News Feed