oleh

Mahasiswa Baru Diajak Inovatif di Tengah Pandemi pada Peleburan Hari 1 OMB UMN 2021

Liputankota  – Peleburan Hari Satu Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2021 menanamkan nilai-nilai penting kepada peserta melalui berbagai rangkaian kegiatan; ada nilai adaptif, inovatif, keyakinan, keberanian, 5C Kompas Gramedia, hingga nilai Sustainable Development Goals (SDG’s) ke-4, yaitu quality education.

“Kami telah merancang setiap rangkaian kegiatan sedemikian rupa agar tetap menarik dan bermanfaat bagi peserta. Nilai-nilai utama OMB UMN 2021 juga kami jadikan landasan dalam setiap kegiatan untuk memastikan agar nilai-nilai tersebut dapat tersampaikan serta tertanam dalam diri setiap peserta,” jelas Richard Sebastian, Wakil Ketua OMB UMN 2021, Kamis (12/08/2021).

Pembekalan nilai, lanjutnya, dimulai saat peserta melaksanakan dinamika kelompok yang dipandu oleh Cetta (Person In Charge) masing-masing kelompok. Kegiatan ini terdiri atas tiga sesi yang pada setiap sesinya menerapkan nilai-nilai utama dari OMB UMN 2021. Tak hanya itu, dinamika kelompok juga membawa nilai Nusantara dengan mengangkat konsep “Mangarsa Telu Mandhala” atau ”Pergi ke Tiga Daerah” di Indonesia.

Dinamika kelompok dibuka dengan “Batang Citra” yang dalam bahasa Sanskerta memiliki arti tebak gambar. Dalam sesi pertama ini, peserta diajak untuk menebak potongan-potongan gambar pahlawan, tarian, dan alat musik khas Indonesia. Budaya-budaya itu melambangkan nilai adaptif dan inovatif karena dapat terus lestari di tengah perkembangan zaman.

Kegiatan dinamika dilanjutkan dengan putaran kedua, yaitu “Deles atau Lepat”. Peserta diajak untuk menerapkan nilai Sustainable Development Goals (SDG’s) ke-4, yaitu quality education. Nilai ini ditanamkan dengan memberikan sejumlah pernyataan mengenai pengetahuan umum seputar Indonesia dan peserta harus menjawab dengan pernyataan benar atau salah.

Melalui dinamika terakhir, “Sulaksana 5C”, mahasiswa baru diperkenalkan lebih dekat dengan nilai 5C Kompas Gramedia yang terdiri atas caring, credible, competent, competitive, dan customer delight. Cetta yang berperan sebagai pemandu membacakan sebuah kasus dan peserta akan memilih nilai 5C Kompas Gramedia apa saja yang relevan dalam kasus tersebut.

Baca: Hari Briefing OMB UMN 2021 Manfaatkan Aplikasi Video Conference Zoom

Dalam Peleburan Hari 1, juga terdapat sesi perkenalan lembaga yang disampaikan oleh setiap perwakilan lembaga. Para peserta diberikan pengetahuan mengenai struktur dan cara kerja dari lembaga-lembaga yang ada di UMN. Mahasiswa UMN juga dibekali informasi mengenai P2L/Pekarangan Pangan Lestari untuk mendukung program pemerintah dalam menangani intervensi stunting oleh divisi Samakta (Konsumsi). Selain itu, divisi Agnimaya (Medis) juga memberikan konten mengenai anxiety atau kecemasan.

Pada Peleburan Hari Satu, juga diadakan aktivitas angkatan yang semakin mempererat kerja sama antarpeserta. Ada pula kuliah Cetta yang memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai visi dan misi UMN, 5C Kompas Gramedia, dan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun).

Rangkaian OMB UMN 2021 dilanjutkan dengan Seminar Antinarkoba yang diikuti oleh seluruh peserta. Menurut Eva Fitri Yuanita, Deputi Bidang Pencegahan BNN, 70% milenial dalam usia produktif yang menjadi target untuk peredaran gelap narkotika sehingga generasi muda harus dapat membentengi diri.

“Kita harus bisa mengubah mindset insecure menjadi bersyukur, jangan sampai karena adanya pandemi Covid-19 membuat kita kehilangan semangat dan terjerumus narkoba. Generasi milenial harus mempunyai sikap mental breath, assess, action, dan reflect,” tegas Eva.

Dia menyebutkan, beberapa faktor penyalahgunaan narkoba, antara lain; faktor individu, lingkungan, ketersediaan barang, dan genetik. Keempat faktor ini dapat membuat seseorang mulai menyalahgunakan narkoba hingga berakibat pada ketergantungan.

Sementara itu agenda peleburan Hari 1 OMB diakhiri dengan konten evaluasi dari divisi Jagratara (Keamanan) mengenai perilaku mahasiswa. (rls/bd)

 

Komentar

News Feed