oleh

IUWASH PLUS Dorong Pola Hidup Bersih dan Sehat di Tangerang

Liputankota – Urban Water Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (IUWASH PLUS) membuka wawasan terkait pola hidup bersih dan sehat di Kabupaten Tangerang, Banten.

Hal itu dikatakan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat penutupan program IUWASH PLUS bersama Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), di Hotel JHL Solitaire, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Kamis, 2 September 2021.

“USAID IUWASH PLUS telah menghasilkan banyak inovasi dan perubahan dalam penyediaan akses air minum dan sanitasi
berkelanjutan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan kelompok rentan,” kata Zaki.

Ketersediaan sanitasi yang layak serta akses air bersih juga penting untuk kesehatan tubuh maupun lingkungan.

Selain itu, untuk pencanangan target bebas buang air besar di Kabupaten Tangerang, Zaki mengajak seluruh perangkat daerah serta seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang untuk bersama-sama melaksanakan pola hidup sehat, salah satunya dengan tidak buang air besar sembarangan (BABS).

“Sebetulnya bukan sekedar jamban liar saja, tetapi konsep besarnya adalah memberi pengertian kepada masyarakat bahwa perilaku BABS ini membahayakan bagi kesehatan tubuh sendiri maupun lingkungan. Ini sangat penting. Mudah-mudahan dengan gerakan bersama, pengertian terhadap bahaya BABS dapat dipahami oleh
masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Kantor Lingkungan Hidup, USAID Indonesia, Brian Dusza menjelaskan, berdasarkan data capaian USAID IUWASH PLUS per Agustus 2021 di Kabupaten Tangerang, sebanyak 46.555 orang mendapat layanan air minum layak melalui sambungan baru PDAM, 2.345 orang di antaranya dari kelompok penduduk dengan tingkat kesejahteraan 40 persen terendah.

“32.595 orang sudah mendapat akses sanitasi aman dan 15.640 orang mendapat akses sanitasi layak, 14.210 orang di antaranya masuk dalam kelompok persen terendah,” tuturnya.(Ica)

Komentar

News Feed